Review Nokia C12 – Performa Gaming dan Spesifikasinya

24
Nokia C12

Generasi yang tumbuh di tahun 2000-an pasti tidak asing dengan nama Nokia, dan tahun ini brand legendaris ini merilis Nokia C12. Brand asal Finlandia ini sempat memimpin brand Hp selama kurang lebih 1 dekade. Bahkan, pesaingnya sempat tak mampu mengalahkan pamor yang dimiliki Nokia. Di era kejayaannya, Nokia mampu menawarkan inovasi di setiap produknya. Mulai dari desain hingga teknologi yang ditawarkan. Namun, sejak memilih jalannya sendiri alih-alih ikut menggunakan sistem operasi Android, Nokia mulai tidak diminati. 

Akhirnya mereka sadar, bahwa hanya ada dua sistem operasi yang digunakan di dunia saat ini, yakni Android dan iOS. Alhasil, Nokia kembali menghadirkan smartphone mereka dengan OS Android di tahun 2017. Kini mereka merilis hp Android mereka di tahun 2023, yakni Nokia C12 yang diperuntukkan bagi segmentasi entry level. Bagaimana performa hp keluaran brand legendaris satu ini? Yuk, simak ulasan berikut!

Spesifikasi Nokia C12

Dimensi/ukuran160.6 x 74.3 x 8.8 mm
Berat177.4 gram
ProcessorUnisoc SC9863A1 (28nm) Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
GPUIMG8322
RAM2GB RAM, 3GB RAM
ROM64GB
BateraiLi-Ion 3000 mAh, removable
LayarIPS LCD, 120Hz 1300 nits (peak), 6.3 inches, 95.8 cm² (~80.3% screen-to-body ratio), 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~278 ppi density), Scratch-resistant glass
Kamera Belakang8 MP, AF
Kamera Depan5 MP
Port Audio3.5mm jack

Desain dan Ukuran Layar

Sebagai hp tahun 2023, desain yang ditawarkan oleh smartphone keluaran Nokia ini cukup ketinggalan zaman. Nokia C12 masih menerapkan desain dengan notch bulat seperti hp-hp keluaran tahun 2018. Namun, melihat smartphone ini diperuntukkan bagi segmen entry level, kami cukup berkompromi untuk desain smartphone satu ini. 

Kemudian, untuk layarnya, smartphone yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan ini hadir dengan panel IPS dan resolusi 720+ dan refresh rate 120Hz. Melihat spesifikasi panelnya sekilas mungkin tak ada yang begitu istimewa lantaran panel dari layar hp satu ini hanya mampu memiliki resolusi 720 x 1600, namun di balik itu semua refresh rate yang ada di hp ini mencapai 120Hz. Kami cukup merasa surprised lantaran hp ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. 

Nokia C12 Desain

Sementara itu, untuk ukuran dan bobotnya, hp ini cukup ringkas. Nokia C12 ini memiliki bobot 177.4 gram dan dimensi 160.6 x 74.3 x 8.8 mm. Bagi kami, yang menjadi keunggulan dari Nokia C12 ini adalah enak ketika digenggam. Selain itu yang membuat kami cukup senang dengan smartphone satu ini adalah Nokia C12 menyertakan port jack 3.5mm untuk penggunaan headset. 

Performa Nokia C12

Setelah membahas bodi dan desainnya, mari kita beralih ke bagian performanya. Sebagai smartphone entry level chipset yang digunakan pun bukan chipset yang digunakan smartphone yang harganya di kisaran Rp3 jutaan. Nokia C12 ditenagai oleh dapur pacu Unisoc SC9863A1. Chipset yang digunakan oleh smartphone rancangan Nokia ini merupakan chipset dari Tiongkok. Beberapa hp seperti realme, Infinix, dan Samsung Galaxy (seri entry level). Memang, brand chipset ini banyak digunakan pada produk entry level, tapi secara performa masih bisa diandalkan, kok!

Dapur pacu yang dibenamkan pada Nokia C12, memiliki 8 core dengan masing-masing kecepatan (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55). Selain itu, pengolah grafis yang digunakan adalah IMG8322. Lantas, bagaimana performa gaming dan benchmark-nya?

Ketika diuji dengan menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu v9.5.9, smartphone Nokia yang dirilis pada tahun ini mampu menghasilkan skor di angka 115,978. Secara performa smartphone ini masih di bawah Samsung Galaxy A03s yang menghasilkan skor di angka 117,345. Namun, seri ini hasilnya sedikit lebih tinggi dibandingkan Nokia C12 Plus yang hanya menghasilkan skor di angkat 115,789. 

Untuk performa gamenya, tentu kalian tidak bisa berharap untuk menjalankan game berat seperti Genshin Impact atau PUBG Mobile dengan preset tertinggi. Selain itu, ketika dimainkan kedua game tersebut, hasilnya akan terlihat patah-patah atau frame drop. Kami sangat tidak menganjurkan untuk memainkan kedua game tersebut di hp ini. Akan tetapi, untuk game seperti Mobile Legends: Bang Bang, hp dari Nokia ini masih bisa diandalkan meski tidak pada konfigurasi rata kanan. Frame rate yang dihasilkan juga masih nyaman di hp ini. Untung saja Nokia menggunakan Android 12 Go Edition yang secara performa sangat ringan. Alhasil, performa aplikasinya tidak menambah beban kinerja smartphone satu ini. 

Nokia C12 Gaming

Daya Tahan Baterai

Smartphone satu ini tidak menggunakan format baterai yang dibenamkan di dalam case. Pasalnya, Nokia C12 hadir dengan baterai yang bisa dilepas lantaran di dalamnya terdapat soket menaruh SIM card. Memang secara teknologi, hp besutan Nokia ini cukup ketinggalan zaman. Tapi, sekali lagi hp ini harganya hanya di kisaran Rp1 jutaan. Apa yang kita harapkan?

Kapasitas baterainya pun tergolong kecil. Nokia hanya menyediakan baterai berkapasitas 3,000 mAh. Nokia mengklaim bahwa baterainya mampu seharian menemani penggunanya. Ketika digunakan untuk browsing dan beberapa aplikasi hp ini mampu bertahan cukup lama. 

Kesimpulan

Sepertinya Nokia tidak terlalu niat untuk membangkitkan lini ponselnya. Selain itu, secara logo, Nokia untuk lini ponsel tidak sama dengan produk utamanya, yakni produk-produk yang berhubungan dengan telecom infrastructure. Lantas, apakah ponsel pintar dari Nokia ini layak dibeli? Mungkin untuk kamu yang butuh hp backup yang daya baterainya lama, hp ini bisa dijadikan pilihan. Namun, apabila kamu punya uang dan ingin membeli hp ini untuk hp utama, kami sarankan beli yang lebih bagus lagi. Kalau kamu berminat untuk membeli hp ini, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp1,119,000.

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan hp kelas entry level yang diproduksi oleh salah satu brand yang dulu pernah merajai pasar ponsel, yakni Nokia C12. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!

Berita sebelumyaIndiana Jones Diungkap Todd Howard Bethesda di Tahun Depan
Berita berikutnyaHadir Skin Jean-Claude Van Damme untuk Johnny Cage di MK1