Review Lenovo Legion 7 – Laptop Gaming Flagship dari Lenovo

Lintang Ayomi |

Lenovo Legion 7

Meski bukan produk baru, Lenovo Legion 7 adalah salah satu laptop yang harus dipertimbangkan apabila kamu ingin memiliki sebuah laptop gaming dengan spesifikasi yang menunjang game-game AAA hari ini. Bagaimana tidak? Lenovo Legion 7 dipersenjatai dengan NVIDIA RTX 3080 Ti dan Intel Core i9 generasi ke-12 seri HX. Selain itu, laptop ini berukuran 16 inci yang dibekali dengan layar dengan panel IPS dan refresh rate 165 Hz. 

Dari spesifikasi yang ditawarkan sudah menjelaskan bahwa laptop ini memang ditujukan untuk gamers. Lantas, bagaimana performa yang dihasilkan oleh laptop gaming besutan Lenovo ini? Apakah laptop ini masih layak untuk dijadikan pilihan sebagai laptop gaming di tahun ini? Nah, pada kesempatan kali ini, dalam rubrik Review produk, Tombol Media akan membahas laptop gaming Lenovo Legion 7. Maka dari itu, ikuti artikel ini hingga akhir!

Baca juga: Review Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 – Asik Buat Gaming & Produktivitas

Spesifikasi Lenovo Legion 7 16IAX7

Dimensi/ukuran21.95-25.9mm x 363.4mm x 262.15mm
Berat2.5 kg 
Processor12th GenerationIntel® Core™ i9-12900HX, 16C (8P + 8E) / 24T, P-core 2.3 / 5.0GHz, E-core 1.7 / 3.6GHz, 30MB
GPUNVIDIA GeForce RTX 3080 Ti 16GB GDDR6, Boost Clock 1590MHz, TGP 175W
RAM2x 32GB SO-DIMM DDR5-4800
Storage3TB SSD M.2 2280 PCIe® 4.0×4 NVMe®
Layar16″ WQXGA (2560×1600) IPS 500nits Anti-glare, 100% sRGB, 165Hz, DisplayHDR™ 400, Dolby® Vision™, G-SYNC®, Low Blue Light, High Gaming Performance
KeyboardCustomizable per-key RGB keyboard with swappable key caps

Desain dan Display Lenovo Legion 7 16IAX7

Melihat sekejap Lenovo Legion 7, bodinya terlihat cukup bongsor. Pasalnya, beberapa pesaingnya, tidak banyak yang dirancang dengan ukuran 16 inci. Brand-brand seperti ASUS dan MSI lebih lazim dengan laptop gaming ukuran 14 inci atau 15,6 inci alih-alih 16 inci. Tentu saja di benak kalian, laptop dengan ukuran bongsor seperti Lenovo Legion 7 sangat tidak cocok untuk kebutuhan mobilitas. Bahkan, menurut kaum ‘mendang-mending’ dibandingkan membeli laptop gaming ukuran bongsor yang secara performa di bawah PC rakitan, mereka cenderung lebih memilih merakit PC meski harus mengeluarkan uang lebih. Tak ada yang salah dengan itu semua, lantaran laptop ini memiliki bobot di sekitar 2.5 kg.

Lenovo Legion 7 desain keyboard

Tak bisa dibayangkan apabila membawa sebuah laptop gaming dengan bobot seberat 2.5 kg setiap hari. Meski demikian, tampilan yang bongsor yang dimiliki oleh laptop gaming Lenovo ini tetap nampak keren dan kece dengan tampilan minimalis modern yang disertai lampu RGB di bagian bawah dan juga di bagian keyboard. Chassis Legion 7 ini dirancang dengan material alumunium dan memiliki engsel yang mampu ditekuk hingga 180 derajat. Dibalik bobotnya yang berat, Lenovo juga memberikan solusi agar kamu bisa tetap nyaman membawa laptop ini, yakni sebuah backpack keren yang nyaman dibawa.

Lenovo Legion 7 180 derajat

Selain tampilannya yang keren dan modern, laptop ini juga memiliki layar yang sudah sangat layak untuk kebutuhan gaming hari ini. Dengan laptop ini, kalian sudah takkan lagi bermain game AAA di resolusi 1080p, lantaran laptop ini dibekali layar panel IPS dengan resolusi WQXGA (2560 x 1600). 

Tak cukup dengan resolusi yang tinggi, layar yang digunakan pada laptop gaming ini memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits dan gamut warna 100% sRGB. Alhasil, laptop ini juga bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis karena tingkat akurasi warna dan kecerahan yang tinggi. Ditambah lagi, dengan dukungan teknologi NVIDIA G-SYNC dan refresh rate 165Hz, kamu bisa merasakan visual lebih mulus ketika memainkan game kegemaranmu.

Sementara itu, untuk kelengkapan konektivitasnya, laptop ini menyediakan banyak port yang tak hanya mendukung kebutuhan gaming, namun juga produktivitas. Legion 7 ini menyediakan 2 port Thunderbolt 4 yang mendukung DisplayPort 1.4, 2 buah port USB 3.2, 2 buah USB-C 3.2 Gen 1 dan 2, sebuah port HDMI, dan sebuah port mikrofon/headphone 3.5 mm. 

Performa Lenovo Legion 7 16IAX7

Seperti yang dijelaskan di atas, performa laptop ini didukung oleh CPU Intel Core i7-12800HX yang memiliki 16 core yang mana terdiri dari 8 P-Core dan 8 E-Core, serta 24 thread. Prosesor seri HX ini ditengarai memiliki performa yang sekaliber dengan performa PC workstation. Lalu, pembagian inti menjadi P-Core dan E-Core mampu membuat laptop ini memiliki daya yang lebih efisien. Processor Intel Core i9-12900HX ini memiliki kecepatan P-Core mencapai 5GHz dan E-Core 3.6GHz.

Sementara untuk GPU-nya, laptop ini menggunakan NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti. Chip grafis yang digunakan sangat powerful untuk kebutuhan gaming di konfigurasi High ke Ultra  (tergantung game apa yang dimainkan) meski laptop ini keluaran tahun lalu. 

Untuk media penyimpanannya, Lenovo Legion 7 disertai dengan SSD M.2 berkapasitas 3TB. Melihat penggunaan SSD yang berkapasitas 3TB, kamu sudah bisa menginstal game AAA terkini dengan jumlah yang banyak. Apalagi beberapa game baru menyarankan untuk menggunakan SSD dan memiliki jumlah file yang sangat masif, yakni 100 GB ke atas. Dengan kapasitas 3TB tak perlu khawatir untuk buru-buru uninstall. Memori RAM di laptop ini secara tidak tanggung-tanggung terpasang 2 keping 32GB SO-DIMM DDR5-4800.

Bagaimana dengan performanya? Dalam pengujian dengan menggunakan aplikasi benchmark 3DMark, laptop ini mendapatkan skor keseleuruhan di kisaran 13,619. Ketika diuji menggunakan Cyberpunk 2077 dengan native resolution dan Ray Tracing Ultra Preset, laptop ini mampu mencapai frame rate di kisaran 30 – 60 fps tergantung dari tempat dan keramaiannya. Akan tetapi, apabila performanya ingin lebih mulus, kamu wajib menyalakan DLSS dengan preset Performance. Dengan ini, kamu bisa dapatkan frame rate rata-rata di kisaran 50 fps ke atas. 

Lenovo Legion 7 benchmark

Lalu, untuk game lain yang juga masuk ke kategori AAA, yakni Spider-Man Remastered, dengan preset High dan resolusi 1440p laptop ini mampu mencapai frame rate di atas 100 fps

Performa Baterai

Laptop ini terpasang sebuah baterai 99.99 Wh. Dengan ukuran baterai yang besar seperti itu, sayangnya untuk skenario gaming belum bisa digunakan sampai 1 jam. Namun, untuk menonton film atau video OTT/YouTube, laptop ini bisa bertahan hingga 4-5 jam. Biar bagaimanapun bermain game di sebuah laptop lebih baik menggunakan listrik rumah.

Kesimpulan

Lenovo sepertinya tak tinggal diam melihat ASUS, MSI, dan Acer meluncurkan laptop gaming dengan spesifikasi monster. Mereka akhirnya mengeluarkan Lenovo Legion 7 16IAX7 yang dipersenjatai GPU dan CPU kelas atas. Ditambah lagi, di paket penjualannya Lenovo berbaik hati memberikan sebuah mouse gaming dan backpack keren untuk menunjang kebutuhan harianmu. Nah, bagi kamu yang ingin membeli laptop gaming flagship dari Lenovo ini, kamu bisa cek tautan di bawah.

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang gaming kelas flagship dari Lenovo dengan RTX 3080 Ti dan Intel Core i9 generasi ke-12, Lenovo Legion 7. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!