Review Lenovo Yoga Slim 7i Carbon – Laptop Tipis Andalan

38
Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari laptop tipis yang mampu mendukung kebutuhan mobilitas harianmu. Selain itu, laptop ini memiliki desain yang apik dan minimalis. Cocok untuk kamu yang lebih suka laptop yang memiliki tampilan simple, namun tetap elegan. Untuk kali ini, laptop Lenovo Slim 7i Carbon ini menggunakan CPU Intel Core i5 generasi ke-13 seri P yang mana mampu memberikan performa kencang sekaligus efisiensi tinggi. 

Lantas, bagaimana performa keseluruhan laptop ini, termasuk gamingnya? Nah, pada kesempatan kali ini di rubrik Review, Tombol Media akan mengulas Lenovo Yoga Slim 7i Carbon dengan Intel Core i5-1340P. Maka dari itu, simak artikel ini hingga akhir.

Baca juga: Review Lenovo Thinkpad X1 Carbon – Performa & Spesifikasi

Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Dimensi/ukuran300.98 x 206.03 x 14.8 mm
Berat984 g
Processor13th Generation Intel® Core™ i5-1340P, 12C (4P + 8E) / 16T, P-core up to 4.6GHz, E-core up to 3.4GHz, 12MB
GPUIntegrated Intel® Iris® Xe Graphics
RAM16GB Soldered LPDDR5-6400
Storage512GB SSD M.2 2280 PCIe® 4.0×4 NVMe®
Layar13.3″ 2.5K (2560×1600) IPS 400nits Anti-glare / Anti-fingerprint, 100% sRGB, 90Hz, Dolby® Vision™, Eyesafe®, TouchTouchscreen: Add-on Film Touch, 10-point Multi-touchColor Calibration: Factory Color Calibration
KeyboardBacklit

Desain dan Display Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Material yang digunakan pada laptop ini adalah Magnesium-Aluminium Alloy, sehingga laptop ini sangat cocok untuk kebutuhan mobilitas tinggi karena material yang cukup kokoh dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Secara desain laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon mengusung desain tradisional dengan engsel di salah satu sisi atau yang dikenal sebagai Form Factor Clamshell. Lalu, layar laptop ini hadir dengan desain bezel tipis pada bagian atas dan samping yang tak hanya membuat tampilan lebih sleek, namun juga memberikan sudut pandang yang lebih luas bagi para penggunanya.

Kemudian, selain layarnya mengusung desain bezel tipis, layar laptop dari Lenovo satu ini menggunakan panel IPS dengan ukuran 13.3 inci dan resolusi 2.5K (2560 x 1600), serta memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits. Selain itu, layar ini juga hadir dengan refresh rate 90Hz dan color gamut 100% sRGB. Tak hanya itu saja, di laptop ukuran seringkas ini, laptop ini dilengkapi dengan fitur Touchscreen dan Dolby Vision yang membuatnya cocok untuk digunakan menonton film atau penggunaan aplikasi desain grafis atau video editing.

Secara ukuran laptop ini tergolong ringkas. Laptop ini memiliki lebar 300.98 mm, kedalaman 206.03, dan tinggi 14.8 mm. Sementara itu, untuk bobotnya bahkan laptop ini kurang dari 1 Kg. Sangat cocok untuk kamu yang ingin punya sebuah laptop yang ringan, namun secara spesifikasi cukup untuk kebutuhan komputasi harianmu. 

Untuk konektivitasnya, laptop Lenovo tipis ini terbilang tidak memiliki port yang banyak. Kamu akan menemukan sebuah port USB-C 3.2 Gen 2, sebuah port Thunderbolt 4, dan sebuah USB-C 4-in-1 Hub. Yang kami sayangkan dari laptop ini adalah tidak adanya port HDMI di mana port ini sangat diperlukan sekali sekarang-sekarang ini. Apalagi, sudah banyak proyektor sekarang yang punya port HDMI. 

Nah, bagi kamu yang ingin gunakan laptop ini untuk presentasi, kamu tak usah khawatir. Untungnya, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon sudah dilengkapi converter USB Type-C yang terdapat beberapa port tambahan.

Performa Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Secara spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ditenagai oleh processor Intel Core i5-1340P. CPU Intel seri P ini memang diperuntukkan bagi laptop tipis dan ringkas agar mampu menghasilkan performa yang kencang. Processor yang disematkan pada laptop tipis dari Lenovo ini hadir dengan 12 core yang terdiri dari 4 P-Core yang mampu menghasilkan performa kencang dan 8 E-Core yang menjaga efisiensi agar tetap tinggi. 

Selain itu, Intel Core i7-1360P ini memiliki kecepatan clock P-Core yang mampu mencapai 4.6GHz dan E-Core yang mampu mencapai 3.4GHz. Sedangkan untuk GPU-nya, laptop tipis dari Lenovo ini menggunakan chip pengolah grafis yang terintegrasi dengan processor-nya, yakni Intel Iris Xe. 

Kemudian, untuk memori RAM-nya, laptop ini menggunakan RAM LDDR5-6400 16GB. Penggunaan memori RAM LDDR5 dimaksudkan agar daya yang digunakan laptop ini lebih rendah. Akan tetapi, secara performa masih bisa dipertanggung jawabkan. Lalu, untuk kapasitas storage bawaannya, kamu akan mendapatkan SSD NVMe M.2 berkapasitas 512GB. Kapasitasnya sudah cukup untuk kebutuhan produktivitas maupun instal aplikasinya.

Kemampuan gamingnya juga bisa cukup diandalkan, laptop Lenovo satu ini mampu menjalankan game seperti Genshin Impact dengan frame rate rata-rata di kisaran 30-45 fps. 

Performa Baterai

Untuk menjaga ketahanan baterai, laptop ini disertai tiga pengaturan Power, di antaranya Extreme Performance untuk kebutuhan performa lebih, Intelligent Cooling, untuk suara yang sunyi, dan Battery Saving untuk menghemat daya baterai. Untuk menjaga daya baterai, Lenovo juga punya fitur Smart Intelligence Sense, di mana laptop ini akan mematikan layar ketika ditinggalkan penggunanya. Ketika penggunanya datang ke hadapan laptop ini, dengan bantuan face detector, laptop ini akan menyala dengan otomatis. Canggih bukan?

Kesimpulan

Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon buat kami adalah laptop yang cocok untuk para content creator yang membutuhkan sebuah laptop kencang, namun bisa mendukung kebutuhan mobilitas. Dari ukuran yang sangat ringan, hingga ketahanan yang tinggi, tentu saja laptop besutan Lenovo ini menjadi pilihan tepat. Kemudian, untuk yang ingin menggunakan laptop ini untuk main game, tentu saja bisa, tapi kamu tak bisa berekspektasi tinggi untuk memainkan game AAA dengan fps tinggi karena laptop ini tidak disertai GPU diskrit. Bagi kamu yang berminat dengan laptop ini, kamu bisa cek tautan di bawah:

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang salah satu laptop untuk para content creator yang ingin sebuah laptop kencang dan mendukung mobilitas, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!

Berita sebelumyaReview Lenovo Thinkpad X1 Carbon – Performa & Spesifikasi
Berita berikutnyaTake-Two Ingin GTA VI Gunakan Generative AI Untuk Dialognya