Review Axioo Pongo 960 – Laptop Gaming Lokal Bersaing Kah?

Lintang Ayomi |

Axioo Pongo

Maraknya pasar laptop gaming beberapa tahun belakangan ini membuat produsen lokal tak mau ketinggalan bermain di ranah ini, salah satunya adalah Axioo Pongo 960. Sebenarnya, eksistensi laptop gaming brand lokal sudah ada bahkan satu dekade lalu. Akan tetapi, tidak semua mampu bertahan hingga sekarang. Melihat semangat Axioo, sepertinya ada secercah optimisme yang hadir di kalangan para gamers perihal laptop gaming besutan produsen lokal.

Baca juga: Review ASUS ROG Strix Scar 18 – Laptop Gaming Para Sultan

Dengan Pongo 960, Axioo tak hanya ingin hadir setengah-setengah. Dengan demikian, brand laptop lokal ini tak hanya memiliki spesifikasi yang bersaing dengan laptop-laptop gaming dari brand raksasa, namun juga tampilan yang sesuai dengan segmentasi gamers. Lantas, bagaimana dengan presentasi laptop gaming satu ini. Nah, pada kali ini Tombol Media akan mengulas laptop gaming Axioo Pongo 960 yang sudah disertai GeForce RTX 4060. Penasaran kan? Maka dari itu, simak artikel berikut hingga akhir!

Spesifikasi Axioo Pongo 960

Dimensi/ukuran359.5 x 238 x 23.9 mm
Berat2.05 Kg
Processor13th Gen  Intel® Core™ i9-13900H (14 Cores, 20 Threads, TDP:45 W) “Performance Cores: 6 Cores, 12 Threads, 2.6 GHz Base, 5.4 GHz Turbo, Efficient Cores: 8 Cores, 8 Threads, 1.9 GHz Base, 4.1 GHz Turbo” Code Name Intel® Raptor Lake
GPUNVIDIA® GeForce RTX ™ 4060 GPU 8GB GDDR6 Up to 100W
RAM16GB SODIMM (2 x SODIMM DDR4 Dual Channel memory up to 64GB,Frequency up to 3200MHz) 
Storage512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Layar15.6″ FHD IPS 144Hz SRGB 100%
KeyboardBacklit Keyboard

Desain dan Display Axioo Pongo 960

Sepertinya Axioo belajar dari beberapa brand terdahulu yang membuat laptop gaming dengan menghadirkan laptop gaming dengan desain yang sesuai dengan segmentasinya. Meski tetap menonjolkan sisi gaming-nya, laptop gaming besutan Axioo ini ingin menyajikan sebuah laptop gaming dengan desain yang lebih sederhana, terutama bagian dalamnya. Asumsi kami, kendati ingin menampilkan desain yang sesuai dengan segmentasi gamers, Axioo tetap ingin relevan dengan laptop-laptop gaming kekinian yang siluetnya lebih sederhana. 

Ketika dibuka dan dilihat dari jauh, laptop ini tidak memiliki kesan yang sangat futuristik dan robotik seperti laptop-laptop gaming ASUS ROG atau MSI Gaming tahun 2015. Dengan ini, bagi gamers yang ingin sebuah laptop yang lebih sederhana, Axioo Pongo 960 mampu menampung keinginannya. Selain itu, untuk seri Pongo, Axioo ingin menyajikan lini gaming yang bersaing. Alhasil, mereka menyematkan logo Pongo, yakni wajah gorilla garang yang menunjukkan betapa garangnya laptop gaming ini. Nah, di bagian atasnya ini, Axioo ingin tetap menampilkan siluet gamingnya, begitu juga bagian ventilasi di bagian samping keyboard.

Untuk bodinya, laptop ini memiliki ukuran yang tidak terlalu tipis. Apabila disandingkan dengan ASUS ROG Zephyrus atau MSI Stealth, laptop gaming ini tidak setipis kedua laptop ini. Laptop gaming besutan Axioo ini memiliki dimensi 359.5 x 238 x 23.9 mm dan bobot 2.05 Kg. Menurut kami dengan bobot dan ukuran seperti ini, laptop ini masih memungkinkan untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

Sedangkan untuk layarnya, laptop Axioo Pongo 960 ini hadir dengan layar panel IPS dengan gamut warna sRGB 100% dan refresh rate 144Hz. Spesifikasi layar yang dimiliki laptop gaming besutan Axioo ini menurut kami sudah sangat cukup untuk kebutuhan desain grafis dan video editing lantarang akurasi warna yang tinggi. Ditambah lagi, refresh rate 144Hz juga sudah memenuhi kebutuhan game-game kompetitif hari ini.

Laptop gaming dari Axioo ini memiliki konektivitas yang cukup lengkap. Kamu akan mendapatkan 2 buah port Type-C USB 3.2 Gen 2, sebuah Type-A USB 3.2 Gen 1, 1 USB 2.0, 2 mini display 1.4, 1 HDMI, 1 2-in-1 Audio Jack, dan sebuah SD Card reader. Melihat spesifikasi dari segi layar dan konektivitas, laptop gaming ini sudah bisa dijadikan opsi.

Performa Axioo Pongo 960

Di antara gempuran laptop gaming dari brand-brand raksasa, sebagai brand lokal Axioo ingin memberikan sebuah produk yang mampu bersaing secara spesifikasi. Tidak tanggung-tanggung, produknya yang bernama Axioo Pongo 960 ini menggunakan Intel Core i9-3900H untuk departemen CPU-nya. Sebagai laptop gaming dengan harga di bawah Rp20 jutaan, kami rasa CPU yang digunakan sudah sangat cincay sekali. Ditambah lagi, GPU yang digunakan pada produk ini menggunakan GeForce RTX 4000, yakni 4060. Meski bukan seri teratas, secara performa 4060 mampu disandingkan dengan 3070 atau 3070 Ti.

Ketika diuji coba pada game kompetitif seperti DOTA 2 dalam preset 1080p, Fastest, dan Render Scale 100%, Pongo 960 mampu berjalan di frame rate rata-rata 90-210 fps. Kemudian pada game kompetitif lain, namun dengan genre FPS, yakni CS:GO, dalam konfigurasi FHD dan preset Low, laptop ini mampu berjalan pada 320-530 fps. Cukup mengejutkan, bukan?

Lalu ketika diuji coba pada game AAA, laptop gaming dari Axioo ini juga cukup impresif. Diuji coba pada God of War pada konfigurasi FHD, Ultra, dan DLSS Quality, laptop ini memiliki performa yang mencapai 50-65 fps. Kemudian, pada game lain yang dikenal berat, Cyberpunk 2077, pada resolusi FHD, Ray Tracing Ultra, dan DLSS Balanced, laptop ini mampu mencapai 95 fps

Suhu dan Performa Baterai

Laptop ini terdiri dari dua mode, yaitu Entertainment dan Performance. Untuk memainkan game, kami menyarankan untuk memilih mode Entertainment. Pasalnya, dengan mode Entertainment atau default-nya memiliki performa yang sudah kencang. Selain itu, untuk mode ini suhu juga lebih rendah. Pada digunakan untuk gaming berat, suhu CPU bisa berada pada 80°C dan GPU pada 70°C. 

Kemudian, kita beralih pada bagian baterainya. Laptop gaming ini disematkan baterai dengan 4 cell polymer 54 W dan charger adaptor 180 W. Ketika digunakan pada mode Entertainment dan tingkat kecerahan 150 nits, baterai laptop ini mampu bertahan hingga 5 jam lebih untuk 1080p video playback. Untuk mengisi daya hingga penuh, kamu membutuhkan daya 2 jam kurang. 

Kesimpulan

Sebagai laptop gaming, Axioo Pongo 960 memiliki performa yang sangat kompetitif. Apalagi dengan spesifikasi i9 generasi ke-13 dan RTX 4060, apabila branding-nya tepat, laptop ini mampu mencuri perhatian pasar internasional. Melihat performa dan desainnya, kami cukup takjub dengan laptop gaming Axioo ini. Alhasil, tidak salah apabila laptop gaming ini dijadikan opsi apalagi harganya sangat terjangkau di kelasnya. Apabila kamu tertarik, kamu bisa cek link berikut:

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang laptop gaming dari produsen asal dalam negeri, Axioo Pongo 960 yang memiliki performa yang cukup menakjubkan. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!