Samsung Kembangkan Memory GDDR7 Untuk GPU Generasi Terbaru

57
Samsung Kembangkan Memory GDDR7 Untuk GPU Generasi Terbaru

Samsung kembangkan memory GDDR7 untuk GPU generasi terbaru. Di perhelatan tahunan Memory Tech Day di San Jose, California, Amerika Serikat, Perusahaan teknologi ternama dari Korea Selatan ini baru saja memberikan bocoran tentang update akan memorinya, yaitu memori GDDR7. Bersamaan dengan teknologi memori terbarunya, Samsung juga mengumumkan bahwa memori Shinbolt HBM3E ini dikembangkan untuk GPU dan AI di generasi mendatang.

Baca juga: Rekomendasi 7 VGA Murah Terbaik untuk Kebutuhan Gaming 2023

Sementara itu, memory GDDR7 sendiri sudah dalam pengembangan selama beberapa waktu ke belakang ini. Nampaknya, memori ini akan disematkan pada GPU NVIDIA terbaru dengan arsitektur Blackwell RTX 5000-series dan RDNA 4 RX 8000-series. Sayangnya, pihak Samsung belum memberikan detail lebih lanjut terkait dengan teknologi terbaru yang ia rancang ini. Kendati demikian, ada hal yang menarik yang dipamerkan dari memori GDDR7 rancangan Samsung ini, yakni teknologi ini mampu menurunkan konsumsi daya idle hingga 50%. Alhasil, memori ini bisa menjadi teknologi yang tepat untuk kebutuhan multi-monitor dan video playback

Untuk kecepatannya, memori GDDR7 dirancang dengan 384-bit bus dengan bandwidth yang mampu meningkat hingga 50%. Kemudian, Samsung juga menjelaskan bahwa teknologi GDDR7 yang mereka rancang ini akan menggunakan PAM3 atau pulse-amplitude modulation alih-alih menggunakan PAM4. Alasannya, PAM3 ini mudah untuk diimplementasikan dan bisa digunakan untuk kartu grafis yang lebih terjangkau, meski PAM4 mampu menghasilkan frekuensi yang lebih tinggi. 

Itulah mengapa kartu grafis GDDR6X yang keluar hari ini memiliki harga yang sangat tinggi, kendati untuk kartu grafis di segmentasi kelas menengah. PAM3 sendiri mengirimkan rata-rata rentang bit-error yang lebih rendah. 

Samsung sendiri belum memberitahukan apakah memori GDDR7 ini akan didistribusikan secara massal atau tidak. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kita tunggu saja kabar dari Samsung terkait GDDR7 dan kartu grafis generasi terbaru dari ketiga kubu, hijau, merah, dan biru. Dengan Samsung kembangkan memory GDDR7 untuk gpu nanti, diharapkan kartu grafis generasi selanjutnya mampu memberikan performa yang mumpuni untuk game-game AAA terbaru dengan efisiensi daya yang tinggi, namun dengan harga yang lebih terjangkau atau ramah kantong. 

Berita sebelumyaPenggarapan Skull Island: Rise of Kong Tak Sampai Setahun
Berita berikutnyaPendopo Creations Hadirkan Project Mansion Setelah Rendezvous Sukses