Review ASUS Vivobook Pro 14X OLED – Buat Konten Gamingmu!

Lintang Ayomi |

Review ASUS Vivobook Pro 14X OLED

ASUS Vivobook Pro 14X OLED menunjukkan bahwa lini Vivobook dari ASUS semakin naik kelas. Pasalnya, Vivobook sendiri dikenal sebagai lini laptop yang menyasar ke segmentasi kantoran atau pelajar karena dirancang khusus untuk produktivitas. 

Namun, lantaran profesi content creator, terutama content creator gaming semakin prospektif, ASUS turut membantu para kreator untuk meningkatkan produktivitasnya. Apalagi melihat laptop gaming harganya masih relatif tinggi, kendati di lini yang lebih terjangkau seperti TUF.

Lantas, bagaimana performa yang ditawarkan oleh ASUS Vivobook Pro 14X OLED? Nah, pada kesempatan kali ini, Tombol Media akan mengulas laptop content creator yang sekaligus bisa digunakan untuk bermain game AAA besutan ASUS bernama ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400 dengan CPU AMD Ryzen 7 5000. Maka dari itu, simak artikel berikut hingga akhir, ya!

Baca juga: [Review] ASUS ROG Strix G15 G513QM – Murah dan Powerful

Spesifikasi ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE

Dimensi/ukuran31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm
Berat1.45 Kg
ProcessorAMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
GPUNVIDIA® GeForce® RTX™ 3050Ti Laptop GPU, 4GB GDDR6
RAM16GB DDR4 
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Layar14.0-inch, 2.8K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 90Hz refresh rate, 600 nits peak brightness, 100% sRGB, 95.7% Adobe RGB, 100% DCI-P3 color gamut
KeyboardBacklit Chiclet Keyboard

Desain dan Display ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE

Salah satu aspek yang membuat ASUS Vivobook Pro 14X OLED menarik adalah dari segi desainnya. Laptop ini hadir dengan desain minimalis nan ringkas lantas sangat cocok untuk pengguna yang juga mementingkan desain. Ditambah lagi, ringkasnya laptop ini disertai dengan bobot yang sangat ringan, yakni hanya 1.45 Kg dengan dimensi 31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm. Tak heran apabila laptop yang menyasar pada segmentasi content creator, designer atau video editor/videografer ini sangat mendukung mobilitas tinggi juga. 

Di samping dari sisi desain dan bobotnya, yang juga menarik dari laptop dari ASUS ini adalah dari layarnya. Spesifikasi layar yang ditawarkan oleh laptop besutan ASUS ini memang menunjukkan bahwa ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE ini memang laptopnya para content creator

Bagaimana tidak, meski layarnya hanya berukuran 14 inci, laptop ini dibekali dengan layar panel OLED dengan resolusi 2.8K (2880 x 1800) dengan kecerahan hingga 600 nits dan gamut warna 100% sRGB, 95.7% Adobe RGB, 100% DCI-P3.

Sudah jelas, spesifikasi layarnya mampu memiliki akurasi warna dan ketajaman tinggi berkat panel OLED-nya. Tak hanya dari segi akurasi dan ketajaman, meski hadir dengan panel OLED, ASUS masih mengusahakan layarnya memiliki refresh rate tinggi, yakni di angka 90 Hz, dibandingkan monitor khusus desain grafis di pasaran yang rata-rata memiliki refresh rate di 75 Hz. Hal ini menunjukkan bahwa betapa versatile-nya ASUS Vivobook Pro 14X OLED ini.

ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE: Laptop Para Creator dengan Performa Gaming Memuaskan

Apabila kamu seorang creator atau pekerja kreatif merasa jenuh di tengah-tengah rutinitas dan ingin refreshing atau healing sejenak, kamu bisa menggunakan laptop satu ini untuk sesi gaming-mu. Secara spesifikasinya, Vivobook Pro 14X OLED M7400QE sudah ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 7 5800H dengan 8 core dan 16 thread, serta memiliki core clock hingga mencapai 4.4 GHz. Sementara itu untuk GPU-nya, laptop satu ini hadir dengan NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti yang secara performa sudah sangat mencukupi untuk bermain game dengan resolusi Full HD. 

Lantas, bagaimana apabila kita mengatur setting konfigurasi resolusi pada game di resolusi native-nya? Sebenarnya bisa saja, tapi kami tidak menyarankan karena secara spesifikasi, laptop ini lebih optimal pada resolusi FHD apabila digunakan pada skenario gaming. Hal ini bisa ditunjukkan dalam percobaan pada beberapa game. 

Pada percobaan di game AAA tahun 2018 garapan Ubisoft, Far Cry 5, laptop ini mampu berjalan pada frame rate rata-rata di 68 fps di konfigurasi Ultra Preset dan disertai SMAA Anti-Aliasing. Kemudian, pada game yang hingga kini masih dianggap sebagai game yang berat, Red Dead Redemption 2, laptop ini mampu berjalan pada frame rate 40 fps dengan 29 fps – 1% low pada preset Ultra Optimized. Pada game yang usianya agak lama seperti The Witcher 3, laptop ini juga mampu berjalan di 63 fps meski fitur Hairworks-nya dinyalakan.

Akan tetapi, apabila kamu ingin resolusinya ditingkatkan ke resolusi native atau 2.8K, penurunan yang terjadi cukup signifikan, bahkan hampir setengahnya. Pada game Far Cry 5 di resolusi 2.8K, penurunannya hingga mencapai di 37 fps. Sayang sekali bukan? Hanya demi mengincar resolusi tinggi, performanya dikorbankan.

Apabila kamu ingin performa yang lebih tinggi, tentu saja kamu bisa turunkan pada Medium Preset di resolusi FHD. Pada Far Cry 5, laptop ini mampu berjalan pada FPS rata-rata di 76 fps dan Red Dead Redemption di 51 fps.

Audio ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE

Untuk divisi audio laptop besutan ASUS ini dibekali dengan speaker stereo yang secara kualitas cukup untuk mendengarkan audio di dalam game atau musik. Namun, apabila ingin mendengarkan setiap detail, kami sarankan untuk kamu menggunakan headphone atau speaker tambahan. Laptop ini dibekali juga dengan AI Noise-Canceling Technology untuk melakukan online meeting atau sekadar melakukan voice call

Suhu dan Baterai ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE

Sementara itu untuk temperaturnya, rata-rata suhu yang dikeluarkan CPU di dalam laptop ini ada di kisaran 80°C dan GPU di kisaran 70°C. Sedangkan pada resolusi 2.8K GPU akan mengeluarkan suhu lebih tinggi. Laptop ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE dibekali dengan sebuah baterai 63 Wh. Terima kasih pada teknologi efisien yang dimiliki oleh AMD, sehingga laptop ini mampu bertahan lebih lama bahkan pada resolusi native-nya.

Pada penggunaan normal baterai Vivobook Pro 14X OLED M7400QE, mampu bertahan hingga kurang lebih 6 jam. Untuk penggunaan pemutaran video, baterai laptop Vivobook Pro 14X OLED satu ini mampu bertahan hingga 9 jam untuk YouTube di resolusi Full HD dan layar penuh. Sementara untuk Netflix, baterainya hampir bertahan hingga 10 jam pada fullscreen

Kesimpulan

Memang secara segmentasi, laptop ini bukan dituju untuk gamers, namun secara performa laptop ini sudah bisa mendekati laptop gaming yang juga secara konfigurasi mendukung kebutuhan content creation seperti Zephyrus 14. Namun, harga ROG Zephyrus 14 masih ada di angka Rp 20 jutaan. 

Maka dari itu Vivobook Pro 14X OLED M7400QE bisa dijadikan pilihan lantaran harganya masih ada di kisaran belasan juta rupiah. Apabila kamu merasa masih kemahalan kamu bisa mengambil laptop seri ini dengan CPU Ryzen 5. Bagi kamu yang tertarik dengan laptop Vivobook Pro 14X OLED M7400QE ini kamu bisa cek di tautan berikut:

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang salah satu laptop content creator yang juga memiliki performa gaming memuaskan, ASUS Vivobook Pro 14X OLED M7400QE . Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!