Festival Industri Kreatif M Bloc Fest 2023 Melahirkan Calon-Calon IP Besar

Lintang Ayomi |

M Bloc Fest 2023

Tahun ini M Bloc Entertainment bersama dengan Evoria #ExplorAja kembali menghadirkan festival industri kreatif tahunan dengan tajuk M Bloc Fest 2023 yang menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain, dan konten sebagai peringatan hari jadi M Bloc Space yang diadakan di M Bloc Space dan wilayah baru di sekitarnya. Berbeda dengan M Bloc Fest sebelumnya, pada tahun ini, gelaran ini akan diselenggarakan di area luar ruangan baru dengan kapasitas 3,000 orang yang direncanakan pada tahun depan sebagai bagian dari New M Bloc Space. Area yang nanti akan menjadi daerah perluasan M Bloc Space ini merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan Peruri seluas 5,3 HA.

Baca juga: Review MSI Katana GF66 – Laptop Gaming Murah dan Bertenaga

“M Bloc Fest berkomitmen menjadi bagian kalendar acara tahunan Jakarta yang berpengaruh dalam menampilkan talenta-talenta muda serta karya-karya terbaik para musisi, band, seniman, konten kreator hingga pelaku industri kreatif lokal dan nasional lainnya yang kerap berkegiatan di M Bloc Space. Menginjak tahun kedua, M Bloc Fest juga mulai membesar dari sisi kapasitas penonton dengan menggunakan venue outdoor terbaru bekas gedung perkantoran Peruri yang baru saja dirubuhkan. Nantikan gebrakan M Bloc Fest 2024 yang lebih gegap gempita di venue baru tahun depan!,” jelas Wendi Putranto selaku Program Director merangkap co-founder M Bloc Group.

M Bloc Design Week (MBDW) merupakan pameran lintas disiplin desain mulai dari arsitektur, fashion, desain grafis, desain produk, dan fotografi. Lebih dari 80 kolaborator/studio berperan serta memamerkan hasil karya/produk desain. MBDW2023 ini mengusung tema “Daur Rupa” dengan berbagai program seperti pameran, workshop, talkshow, dan pertunjukan musik mulai tanggal 23 September – 8 Oktober 2023 di Mini Gallery Museum Peruri dan Creative Hall, M Bloc Space.

Berbeda dengan tahun lalu, MBDW2023 diadakan di enam sirkuit kreatif M Bloc Group yang berada di beberapa kota di Indonesia yaitu, M Bloc Space, Pos Bloc Jakarta, Pos Bloc Medan, Fabriek Bloc (Padang), JNM Bloc (Yogyakarta), Lokananta (Surakarta) serta di venue kolaborator Uma Seminyak (Bali).

Beberapa peserta pameran di antaranya arsitek Andra Matin dan Yori Antar yang ikut memamerkan karya bangunan adaptive reuse-nya di Surakarta, Surabaya dan Jakarta. Ada juga fashion designer Oscar Lawalatta yang memamerkan karya daur ulang dari kain sisa, juga Studio Onix yang memperlihatkan hasil olahan puntung rokok menjadi benda-benda perabot kecil rumah tangga, dan lainnya. Beberapa organisasi dan komunitas juga ikut mendukung gelaran MBDW2023 ini, seperti Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF), Komunitas Rambah Runtah dari Bantar Gebang Bekasi yang aktif membina perempuan di sana untuk mengolah sampah menjadi benang siap pakai, Komunitas Asosiasi Design Grafis Indonesia (ADGI) dan lain sebagainya).

Xnation yang digelar pada 11 – 15 Oktober 2023 adalah festival budaya pop satu-satunya yang melibatkan 100 persen kreator lokal di industri kreatif nasional. Xnation akan menjadi arena yang mempertemukan dan menyatukan berbagai komunitas, profesional, pelaku industri, geeks and nerds hingga kreator dari lini komik, gim, Manajemen kekayaan Intelektual (IP), Animasi, hingga Art Toys atau Mainan Seni yang dibuat oleh seniman atau desainer yang diproduksi sendiri maupun independen.

Dari seluruh kreator yang terlibat, beberapa nama besar seperti Faza Meonk, Tara Arts, Jasmine Surkatty (komik gajelas), Afa (Tanduk Putih), Bryan Valenza (Beyondtopia), Dion Widhi Putra (Ki Gentar), Pak Kardiman, Aruga (Komikin), Maghfirarre (pengisi market), dan Rhoald Marcellius (The Pumpkin Bear) juga terkonfirmasi akan ikut berpartisipasi dalam gelaran besar ini.

“Melalui Xnation, kami ingin meramaikan Indonesia dengan komik, animasi, mainan, dan game hingga potensi tertingginya dengan harapan mampu menembus pasar dunia!” ujar Dennis Adhiswara selaku kurator program Xnation. Lalu, Dennis Adhiswara juga menambahkan bahwa Xnation ini adalah langkah awal di mana lahirnya calon IP-IP besar sekelas Disney.

M Bloc Music Fest (MBMF) yang digelar selama dua hari pada akhir pekan tanggal 14 dan 15 Oktober 2023 adalah sebuah festival musik multi genre tahunan terkurasi yang mengutamakan penampilan para band/musisi pendatang baru yang potensial menjadi besar di masa depan.

Line-up para pendatang baru yang akan tampil adalah The Jansen, Ali, Pink Pitch, Eleanor Whisper, Sokhi, Milka Eime, Arash Buana, hingga Tabrak Lari. Sementara nama-nama terkemuka lainnya yang telah dikonfirmasi bakal tampil adalah Perunggu, Lomba Sihir, Efek Rumah Kaca, SORE, Gugun Blues Shelter, Rumahsakit, dan Sisi Tipsi.

Ada tiga venue di M Bloc Space yang akan digunakan untuk M Bloc Music Fest 2023 yaitu M Bloc Live House, Bloc Bar, dan New M Bloc Outdoor Park.

“Get ready to ignite your passions, EVORIA (Playground of Creativity) is proud to present M BLOC FEST 2023. This is not just a festival; it’s a declaration of the future! Ini adalah perjalanan untuk menemukan #NextBigThing dalam music, art and culture. Jadi, bersiaplah untuk berani eksplor ke dunia musik, kreativitas, dan inovasi, like never before! Ini bukan hanya soal saat ini; ini tentang membentuk masa depan. Pada M Bloc Fest ini mereka menggabungkan musik, desain, budaya pop, dan inovasi menjadi pengalaman eksplorasi yang mendalam. EVORIA hadir untuk mendukung semua yang berani bermimpi besar, menjadi inovatif, dan menciptakan hari esok yang lebih baik. The power is in your hands, so #ExploreAJA!,” jelas Edric Chandra mewakili Evoria yang menjadi pendukung utama festival ini.

Tiket untuk M Bloc Fest 2023 sudah tersedia dan hanya dijual via Loket.com.

***

Info lebih lanjut:

Dina (085882689736/[email protected])

Instagram: @mblocspace & @mblocfest