Naughty Dog Memutus Hubungan Kerja Sekitar 25 Karyawannya

Lintang Ayomi |

Naughty Dogs Memutus Hubungan Kerja

Lagi-lagi pemutusan hubungan kerja di industri game dan kali ini Naughty Dog memutus hubungan kerja sekitar 25 karyawannya. Berdasarkan laporan dari Kotaku, pengembang yang membuat game Uncharted, The Last of Us, dan trilogi pertama Crash Bandicoot ini akan memutus hubungan 25 karyawan kontraknya di akhir bulan Oktober ini. Selain itu, laporan tersebut juga menyatakan bahwa game shooter multiplayer yang mengangkat nama The Last of Us yang dijanjikan oleh studio game satu ini memiliki status yang masih menggantung. 

Baca juga: [Review] The Last of Us Part I – Perlukah Beli Versi PC Sekarang?

Pemutusan hubungan kerja yang dilakukan Naughty Dog ini diungkapkan kepada karyawan-karyawannya pada minggu lalu. Di samping itu beberapa departemen yang terdampak sedang berfokus pada quality assurance. Kemudian, karyawan-karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja oleh Naughty Dog ini juga tidak mendapatkan pesangon lantaran statusnya yang masih kontrak, alih-alih full-time.

Melihat kiprah Naughty Dog dari bagaimana Sony menyokongnya dan dua IP besarnya, The Last of Us dan Uncharted, dibuat film seri di Netflix dan dibuat film layar lebarnya tentu saja mengherankan banyak pihak atas keputusan Naughty Dog ini. Seperti yang diketahui, melihat kedua hal tersebut, tentu banyak yang mengasumsikan bahwa Naughty Dog memiliki pasokan dana yang berlebih.

Selain itu, Naughty Dog juga dilaporkan sedang berjuang dengan rencana game The Last of Us multiplayer yang sebelumnya pernah mereka infokan dan rencanakan. Game ini awalnya direncanakan sebagai game seri ekspansi The Last of Us 2. Lalu, akhirnya game ini berubah haluan menjadi game yang berdiri sendiri. Versi PC-nya pun belum dikonfirmasi. 

Berita layoff yang dilakukan oleh beberapa perusahaan mulai dari Epic Games, Activision, BioWare, Firaxis, dan beberapa yang lainnya tentu menjadi berita buruk di tengah-tengah gempuran game-game bagus di tahun 2023. Tak hanya industri game saja, Meta, Microsoft, dan Google juga melakukan hal yang tak berbeda.

Rasanya, tahun ini banyak hal terjadi di industri video game dan teknologi dunia. Diharapkan setelah berita akan hal yang dialami perusahaan-perusahaan game selah satunya Naughty Dogs yang memutus hubungan kerja, tahun depan akan menjadi hal yang lebih baik di industri game.