PC Handheld? Berikut Spesifikasi dan Harga Steam Deck!

Lintang Ayomi |

Harga Steam Deck Cover

Meski kehadirannya di Indonesia sudah lebih dari 1 tahun, harga Steam Deck di negara ini masih tergolong lumayan tinggi. Benda satu ini ditengarai menjadi pesaing berat dari Nintendo Switch yang pada saat itu memonopoli pasar handheld gaming console

Berbeda dari yang digadang-gadang sebagai kompetitornya tersebut, secara fundamental Steam Deck merupakan sebuah PC dengan ukuran yang super ringkas sehingga bisa dibawa ke mana saja dan dimainkan kapan saja.

Pada kesempatan kali ini, Tombol Media akan membahas sejarah, spesifikasi, dan harga Steam Deck. Penasaran bagaimana lebih lengkapnya? Yuk, simak!

Baca juga: Apa Itu Steam? Yuk, Kenali dan Ketahui Platform Ini!

Sejarah Steam Deck

Seperti yang kita ketahui selama ini, Steam merupakan platform penjualan game secara digital yang digarap oleh Valve. Kemajuan perusahaan yang digawangi oleh Lord Gabe atau Gabe Newell ini akhirnya melahirkan sebuah ide untuk menciptakan sebuah PC gaming dengan tampilan seperti konsol bernama Steam Machine di tahun 2015. 

Dengan mesin satu ini, gamers akan mendapatkan pengalaman bermain game PC dan console secara bersamaan. Di sini Valve juga memperkenalkan sistem operasi mereka, yakni SteamOS yang merupakan sistem operasi pengembangan dari Linux.

Sayangnya, meski kehadirannya membuat banyak pihak antusias, penjualan Steam Machine sangatlah buruk. Bahkan unit yang terjual hanya kurang lebih 500,000 unit. Tentu sebagai sebuah konsol, angka tersebut sangatlah kecil apabila dibandingkan dengan console yang berjaya pada saat itu, PS4 dan Xbox One. Kemudian, Valve menarik Steam Machine dari peredaran di bulan April 2018. 

Steam Deck Steam Machine

Desainer Steam Deck, Scott Dalton menyatakan bahwa ada masalah terkait dengan Steam bahwa kurangnya game berbasis Linux membuat kompatibilitas mesin ini kurang baik. Permasalahan tersebut membuat Valve merancang sebuah sistem bernama Proton yang memungkinkan sistem operasi Linux mampu memainkan game-game Windows. 

Di sini juga Steam merancang sebuah perangkat bernama Steam Link yang memungkinkan para gamers untuk melakukan streaming game dari sebuah komputer yang menjalankan Steam ke monitor yang berbeda. Output dari mesin tersebut dihubungkan ke sebuah LCD kecil.

Alhasil, dari prototipe tersebut, tercetus lah sebuah mesin bernama Steam Deck. Hal ini yang membuat Valve merancang sebuah unit gaming portable yang mereka pamerkan di tahun 2021. Di bulan Februari 2022 akhirnya produk ini dirilis dan dijual ke pasaran.

Di Indonesia sendiri handheld gaming PC cukup mendapatkan popularitas meski harganya tergolong mahal. Banyak media yang memberitakan tentang keberadaan Steam Deck dan kelebihannya. 

Bahkan mesin ini juga digadang-gadang menjadi ancaman Nintendo Switch. Bagaimana tidak? Ada sebuah unit mesin gaming portable yang memiliki perangkat keras yang powerful yang mampu menjalankan game-game PC dengan 30 fps ke atas. 

Spesifikasi Steam Deck

Dimensi/ukuran298 x 117 x 49 mm
Berat669 gram
ProcessorAMD Accelerated Processing Unit (APU) CPU: Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz (up to 448 GFlops FP32) 
GPUGPU: 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz (up to 1.6 TFlops FP32) 
RAM16 GB LPDDR5 RAM (5500 MT/s)
Storage1TB M.2 NVMe™ 3.0 SSD
LayarTouchscreen LCD 7 inci, 1.280 x 800 piksel, refresh rate 60 Hz, 400 nits (typical), ambient light sensor
Battery40Whr, 2-8 jam, pengisian dengan daya 45W

Performa yang Ditenagai APU AMD dan GPU RDNA 2

Seperti yang diutarakan bahwa Steam Deck kerap kali dianggap menjadi “pembunuh” Nintendo Switch. Tentu saja itu semua karena spesifikasi yang ditawarkan oleh Steam Deck. 

Harga Steam Deck Performa

Di mulai dari display, Steam Deck hadir dengan layar yang mendukung resolusi 1,280 x 800 piksel. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resolusi yang ditawarkan Nintendo Switch. Akan tetapi, di sini pemain akan mendapatkan performa dan visual yang lebih powerful dan smooth.

Performa yang dihasilkan Steam Deck ditenagai oleh CPU/APU AMD dengan arsitektur Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2 yang ternyata sangat bertenaga dan mampu menghasilkan performa memuaskan. Jeroan yang ada di Steam Deck mampu menjalankan game-game berat dengan konfigurasi medium sampai ke high dengan frame rate 60 fps. 

Sementara itu, untuk media penyimpanan, Steam Deck menawarkan beberapa varian yang di antaranya 64GB (eMMC), 256GB (NVMe SSD), dan 512GB (high-speed NVMe SSD). Apabila masih kurang, Steam Deck juga menyediakan slot microSD. Untuk baterainya, Steam Deck dibekali baterai dengan 45Whr yang memiliki daya tahan 2-8 jam. 

Harga Steam Deck

Karena Steam Deck ini hadir dengan berbagai varian, tentu saja harganya berbeda-beda. Apabila kamu ingin membeli PC handheld dari Valve ini, kamu bisa cek di tautan di bawah:

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang handheld gaming PC, Steam Deck. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!