Review Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 – Asik Buat Gaming & Produktivitas

Lintang Ayomi |

Lenovo IdeaPad Gaming 3

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 menunjukkan bahwa sebuah laptop gaming powerful bisa didapatkan tanpa harus menguras kocek lebih dalam. Di luaran sana masih banyak yang mengira bahwa laptop gaming harganya harus mahal lantaran spesifikasi yang dimilikinya.

Memang, stereotip yang muncul di publik tidak salah juga. Pasalnya, untuk membangun PC gaming yang kuat untuk memainkan game AAA dengan preset terbaik saja butuh mengeluarkan uang belasan juta Rupiah lebih, apalagi laptop yang notabene bisa mencapai Rp20 juta lebih.

Maka dari itu, untuk menjawab permasalahan tersebut, Lenovo Indonesia menghadirkan Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 yang sudah ditenagai dengan processor AMD dan chip grafis NVIDIA generasi terbaru, yakni RTX 4050 dan Ryzen 7 7735HS. Di atas kertas, secara spesifikasi laptop gaming ini sangat menarik. Lantas, bagaimana dengan performanya?

Baca juga: [Review] Lenovo Legion 5 Pro – Laptop Powerful Nan Ringan

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 

Dimensi/ukuran35.96 x 26.64 x 2.18 cm
Berat2.35 Kg
ProcessorAMD Ryzen™ 7 7735HS (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.75 GHz max boost)
GPUNVIDIA® GeForce RTX™ 4050 6GB GDDR6, Boost Clock 2370MHz, TGP 85W
RAM1x 8GB SO-DIMM DDR5-4800 (upgradeable)
Storage512GB SSD M.2 2242 PCIe® 4.0×4 NVMe®
Layar15.6″ WQHD (2560×1440) IPS 350nits Anti-glare, 100% sRGB, 165Hz
KeyboardWhite Backlit ( No Num lock )

Desain dan Layar Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7

Sebagai bentuk Inovasi Lenovo, departemen laptop gaming Lenovo sendiri memiliki dua lini laptop gaming, yakni Legion dan IdeaPad Gaming. Untuk menyasar ke market laptop gaming kelas menengah, Lenovo menghadirkan IdeaPad Gaming 3. Sebelumnya, seri IdeaPad hanya menyasar ke kelas consumer laptop, tapi, karena pasar laptop gaming kini semakin meningkat, akhirnya untuk memperluas jangkauan penggunaan laptop gaming, Lenovo menghadirkan seri IdeaPad Gaming 3.

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 Front

Secara desain, IdeaPad Gaming 3 memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan Legion. Ketika Legion hadir dengan gaya full minimalis, IdeaPad Gaming 3 tampil dengan bagian pinggir seperti laptop gaming konvensional, terutama pada bagian bezel layar bagian atasnya. Meski tetap mengambil ide desain laptop gaming terdahulu, desain IdeaPad Gaming 3 masih dibilang tidak terlalu macam-macam. 

Bahkan bagian LCD cover atau bagian luarnya nampak cukup sederhana yang hanya dengan tulisan Lenovo. Mungkin yang membuat laptop gaming ini memiliki desain yang bisa dibilang cukup ‘gaming’ adalah bagian ventilasi udara pada bagian belakang. Kemudian, untuk keyboardnya, laptop gaming besutan Lenovo ini hadir dengan fitur backlit saja, bukan seperti seri Legion yang full RGB. Akan tetapi, meski fiturnya tidak sebanyak seri kakaknya, keyboard IdeaPad Gaming 3 tetap nyaman digunakan.

Sedangkan untuk kelengkapan port, laptop gaming ini hadir dengan port USB-C 3.2 Gen 2, HDMI 2.0, RJ45, USB-A 3.2, dan port microphone. Melihat dari port-nya IdeaPad Gaming 3, selain mendukung kebutuhan bermain game, IdeaPad Gaming 3 15ARH7 sangat mendukung produktivitasmu, mulai dari presentasi hingga memproduksi musik dan konten.

Selain itu, spesifikasi layar dari IdeaPad Gaming 3 15ARH7 sangat impresif di jajarannya. Dengan laptop yang dibanderol di bawah Rp20 juta, laptop gaming dari Lenovo ini hadir dengan layar panel IPS resolusi WQHD yang mendukung refresh rate 165Hz dan memiliki color gamut 100% sRGB. Dengan demikian, layar laptop gaming ini mampu menghasilkan performa gaming yang semakin mulus dan akurasi warna tinggi. Bukan hanya kebutuhan gaming saja yang bisa didapatkan dari IdeaPad Gaming 3 15ARH7, namun juga produktivitas terutama untuk graphic designer, content creator, dan video editor.

Quad Vent cooling

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 hadir dengan sistem pendingin Inovasi Lenovo terkini, yaitu Quad Vent Cooling. Lalu, sistem pendingin laptop gaming Lenovo ini disertai dengan fitur-fitur seperti keyboard air intake yang memberikan dampak peningkatan tingkat ventilasi sebesar 20%, dan peningkatan aliran udara dari kipas sebesar 10% dibandingkan generasi sebelumnya. Jadi laptop gaming ini bisa memberikan performa gaming kencang dengan suhu yang rendah.

Performa Gaming Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7

Beralih ke performanya. Di atas kertas, laptop gaming ini ditenagai oleh processor AMD Ryzen 7 7 7735HS dan NVIDIA GeForce RTX 4050. Processor yang menjadi otak dari laptop ini merupakan seri refresh dari seri Ryzen 7 6800HS dengan beberapa upgrade terutama pada boost clock-nya yang meningkat hingga 4,75GHz dan L1 cache yang menjadi 512kb. 

Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 Gaming

Sementara pada bagian GPU-nya, laptop ini sudah menggunakan GeForce RTX 4050. Namun, ada yang menarik pada RTX 4050 di laptop ini, yakni pada bagian TGP-nya. Apabila di laptop lain dengan RTX 4050 TGP-nya hanya 45 Watt, di Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 memiliki TGP hingga 85 Watt. Alhasil, performa GPU-nya mampu berjalan lebih kencang.  

Kemudian, laptop gaming besutan Lenovo ini dibekali dengan RAM berkapasitas 8GB DDR5 single channel. Sebenarnya untuk kebutuhan gaming AAA terkini masih agak kurang lantaran banyak game-game AAA tersebut membutuhkan merekomendasikan menggunakan 16GB RAM. Akan tetapi, Lenovo Indonesia tahu kebutuhan tersebut. Maka dari itu, Lenovo memfasilitasi kebutuhan untuk upgrade.

Untuk membuktikan performa gamingnya, tentu harus diuji dengan game-game AAA. Pada benchmark Cyberpunk 2077, laptop gaming satu ini mampu berjalan pada rata-rata frame rate di 65.38 fps pada preset DLSS Ultra Performance dan Ray Tracing on. DLSS 3.0 yang menjadi salah satu teknologi andalan RTX 4050 sangat membantu mendongkrak performa.

Pada game kompetitif seperti DOTA 2 dan CS:GO, Laptop gaming satu ini mampu menjalankan kedua game tersebut pada rata kanan dengan hasil performa 100 fps lebih.

Setelah melihat performa gamingnya yang sangat memuaskan, kita beralih ke pengujian pada aplikasi pengetesan seperti Cinebench R15 dan Geekbench 5 Pro. Pada pengujian dengan Cinebench R15, laptop ini mampu menghasilkan skor di angka 1589 pada Multi Core dan 233 pada Single Core. Sedangkan pada benchmark aplikasi GeekBench 5 Pro, IdeaPad Gaming 3 15ARH7 skor yang dihasilkan mencapai 1411 untuk single core dan 6297 pada Multi Core. 

Kesimpulan

Laptop dengan RTX 4050 sudah cukup banyak di pasaran, namun Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7 mampu menyuguhkan sebuah laptop yang memiliki performa dan harga yang ramah kantong.

Unleash Limitless Possibilities dengan Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7! Karena laptop gaming ini tak hanya mendukung kebutuhanmu untuk bermain game, namun juga mampu meningkatkan produktivitas terutama untuk kamu yang bekerja sebagai content creator, video editor, dan juga graphic desginer. Bagi kamu yang berminat kamu bisa membelinya melalui tautan berikut!

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang laptop gaming dengan performa memukau dari Lenovo, yaitu Lenovo IdeaPad Gaming 3 15ARH7. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situsInstagramFacebook, dan juga Twitter Tombol Media!