Review Armored Core 6: Fires of Rubicon – Akhirnya Rilis Juga!

Lintang Ayomi |

Armored Core 6: Fires of Rubicon

Sebelum dikenal dengan seri Dark Souls-nya, From Software dikenal dengan seri Armored Core-nya yang akhirnya bertahun-tahun merilis seri terbarunya, Armored Core 6: Fires of Rubicon. Bertahun-tahun, From Software menggarap game Soulslike dan Dark Souls-nya itu sendiri, sehingga IP lain mereka yang mengangkat nama mereka juga seperti Armored Core ini seakan-akan mereka lupakan. Nah, akhirnya penantian pun tiba. Penggemar game Armored Core akhirnya dapat menikmati game terbarunya ini yang baru saja rilis beberapa waktu lalu.

Lantas, bagaimana gameplay dan segala aspek yang ditawarkan oleh Armored Core 6: Fires of Rubicon ini? Nah, maka dari itu, Tombol Media dalam rubrik Review ini akan membahas seri keenam dari game bertema robot dari From Software ini. Jadi, yuk, simak artikel berikut!

Storyline Armored Core 6: Fires of Rubicon

Instalasi keenam dari Armored Core ini berlatarkan masa depan di mana umat manusia telah mengembangkan peradaban antarbintang. Suatu hari di perbatasan dekat planet Rubicon 3 terdapat sebuah zat yang disebut Coral yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan saluran data. Coral tersebut ditengarai menjadi kunci kemajuan teknologi umat manusia. 

Sayangnya, entitas ini menyebabkan peristiwa dahsyat yang dikenal sebagai Fires of Ibis.  namun justru menyebabkan peristiwa dahsyat yang dikenal sebagai Kebakaran Ibis, yang membakar dan mengkontaminasi planet dan sistem bintang di sekitarnya, sehingga hal ini sangat berbahaya dan mematikan untuk kehidupan.

Lima puluh tahun kemudian, di Rubicon 3, terdapat tanda-tanda Coral yang sama seperti sebelumnya. Banyak korporasi berbondong-bondong bertujuan untuk mengeksploitasi planet tersebut dan mengendalikan Coral, tanpa mempedulikan kerugian dan kerugian bagi penduduknya. Tak hanya korporasi-korporasi tersebut, tentara bayaran juga turut mengambil kesempatan dari konflik tersebut. 

Dalam game ini kamu menjadi manusia buatan yang diberi nama “C4-621” dan menjadi budak seorang pawang ternama bernama Walter. Sebagai tokoh utama kamu juga merupakan tentara bayaran yang mengendarai sebuah mecha bernama Armored Core. 

Cerita diawali dengan sang protagonis, C4-621 yang merupakan tentara bayaran buatan diselundupkan ke Rubicon dengan bantuan tuan mereka, Handler Walter. Setelah mendarat di Rubicon, C4-621 mencuri lisensi tentara bayaran yang telah meninggal, yang membuatnya memiliki identitas baru bernama “Raven”. 

Dengan identitas barunya, Raven melibatkan dirinya ke dalam perang besar di permukaan Rubicon antara perusahaan besar Balam Industries dan Arquebus Corp, komplotan anti-korporasi Rubicon Liberation Front (RLF), dan Planetary Closure Administration (PCA). Semua kelompok tersebut berlomba untuk memperebutkan Coral. Selama berbagai pertempuran, Raven akhirnya berteman dengan sesama tentara bayaran Rusty dan “Cinder” Carla, yang terkadang memberikan bantuan. Selain itu, setelah terjebak dalam gelombang karang, Raven melakukan kontak dengan seorang wanita bernama Ayre yang dapat berbicara langsung ke pikirannya.

Lantas, bagaimana kelanjutan game Armored Core 6: Fires of Rubicon ini? Untuk lebih lengkapnya mainkan game ini sekarang juga.

Gameplay Armored Core 6: Fires of Rubicon

Secara gameplay, Armored Core 6 masih mengusung gaya shooter seperti game orisinalnya. Alih-alih seperti games Dark Soul dan semacamnya, game ini mirip dengan game-game Gundam atau salah satu seri Front Mission yang menjadi game action shooter. Alhasil, mechanics-nya cenderung sangat fast pace

Armored Core 6 Gameplay

Ketika bertempur, terdapat sebuah lingkaran besar di bagian tengah yang berfungsi untuk membidik lawan agar lebih fokus. Secara control, game ini agak sedikit rumit sehingga kalian harus beradaptasi. Namun, apabila sudah terbiasa, game ini akan terasa seru. Selain itu, mecha yang kamu gunakan juga dilengkapi dengan boost yang mempercepat gerakanmu. Boost yang membantu mempercepat pergerakanmu ini dibatasi, sehingga kamu tak bisa menggunakannya secara terus menerus. 

Yang menarik dari Armored Core 6 tentu fitur kustomisasinya. Di game ini kamu bisa mengkustomisasi setiap bagian mecha-mu. Selain itu, kustomisasi tentu tak hanya mengubah penampilan mecha, namun juga kemampuannya. 

Armored Core 6 Customization

Grafis dan Audio

Sebagai game untuk PC dan console generasi ke-9, Armored Core 6 kami rasa memiliki kualitas grafis yang cukup baik, meski tidak begitu spesial. Arena bertarung mecha-mu terkesan agak sepi karena di sana hanya ada puing-puing atau pohon-pohon di sekitar gunung. Untung saja beberapa arena atau tempat bertarung di game ini dibuat cukup variatif sehingga mengurangi kesan repetitif. 

Audio-nya pun kami rasa juga hanya cukup meski masuk ke dalam kategori bagus. Spesial efeknya sudah cukup merepresentasikan teknologi masa depan terutama pada mecha beserta tembakan-tembakannya. 

Kesimpulan

Setelah bertahun-tahun, akhirnya From Software melanjutkan Armored Core yang ternyata cukup impresif. Armored Core 6 bisa menjadi alternatif game bagi kamu yang sedang mencari sebuah game yang berbeda dengan game-game From Software lain yang cenderung cenderung selalu mirip seri Dark Souls. Maka dari itu, bagi kami Armored Core VI: Fires of Rubicon layak untuk kamu beli sekarang.

System Requirements

Minimum

  • OS: Windows 10 (64-bit)
  • Processor: Intel Core i7-4790K | Intel Core i5-8400 or AMD Ryzen 7 1800X | AMD Ryzen 5 2600
  • Memory: 12 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1650, 4 GB or AMD Radeon RX 480, 4 GB
  • Storage: 60 GB available space 

Recommended

  • OS: Windows 10/11 (64-bit)
  • Processor:  Intel Core i7-7700 | Intel Core i5-10400 or AMD Ryzen 7 2700X | AMD Ryzen 5 3600
  • Memory: 12 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1060, 6GB or AMD Radeon RX 590, 8GB or Intel Arc A750, 8GB
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 60 GB available space 

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan game mecha garapan From Software berjudul Armored Core VI: Fires of Rubicon. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!