[Review] Acer Predator Helios 300 – Mumpuni Untuk Apa Saja

48
Acer Predator Helios 300

Acer Predator Helios 300 bisa menjadi alternatif laptop gaming di tengah-tengah laptop gaming ASUS dan MSI. Di Indonesia sendiri nama Acer Predator cukup populer. Beberapa influencer atau YouTuber pernah bekerja sama dengan brand asal Taiwan ini. 

Alhasil, pamornya cukup bisa dipertimbangkan di dunia laptop gaming. Seperti yang kita ketahui, Acer memiliki varian laptop yang cukup beragam, dan salah satunya ya Acer Predator Helios 300 ini.

Acer Predator Helios 300 ini digadang-gadang menjadi sebuah laptop yang mumpuni untuk kebutuhan apapun, mulai dari gaming hingga produktivitas. Lantas, bagaimana performa yang dimiliki oleh laptop satu ini? Maka dari itu, Tombol Media akan mengulas laptop gaming ini. Mau tahu bagaimana lebih lengkapnya? Yuk, simak!

Baca juga: [Review] DELL G15 5520 – Enteng Memainkan Game AAA

Spesifikasi Acer Predator Helios 300

Dimensi/ukuran39.0 x 26.6 x 2.67 cm
Berat2.7 Kg
Processor12th Gen  Intel® Core™ i7-12700H processor (24M Cache, up to 4.7 GHz, 14 cores, 20 threads)
GPUNVIDIA® GeForce® RTX 3070Ti with 8GB of GDDR6
RAM32GB DDR5 on board (2x16GB)
Storage1TB SSD NVMe
Layar15.6 inch QHD LED IPS (165Hz), 100% DCI-P3 2560×1440
KeyboardBacklight Keyboard

Desain dan Display Laptop

Melihat desain Acer Predator Helios 300 keluaran terbaru dengan keluaran beberapa tahun lalu, terlihat sekali perubahan yang cukup signifikan. Evolusi desain laptopnya semakin modern dan sleek. Apabila Helios versi lama terlihat seperti laptop gaming konvensional dengan body futuristik, Helios versi baru nampak lebih minimalis dan sederhana.

Desain yang lebih sederhana ternyata lebih diminati oleh banyak orang. Karena, menurut asumsi kami, beberapa pengguna laptop gaming bukan hanya gamers, namun juga profesional yang membutuhkan sebuah laptop powerful untuk mendukung kebutuhan kerja mereka. Layarnya pun terlihat lebih apik dengan desain bezel tipis ala layar laptop kekinian. Sementara itu, untuk panel layarnya, Helios 300 keluaran sekarang dibekali dengan panel layar IPS berukuran 15.6 inci dan dengan resolusi QHD atau 2560×1440.


Resolusi tersebut sudah sangat nyaman untuk kebutuhan gaming hari ini, terutama untuk memainkan game AAA. Ditambah lagi, layar pada laptop gaming satu ini sudah mendukung refresh rate 165Hz. Sudah tentu layar laptop gaming besutan Acer ini sangat cocok untuk kebutuhan gaming kompetitif. 

Sudah Mumpuni Untuk Gaming Ray Tracing

Untuk performa, laptop gaming besutan Acer ini ditenagai oleh CPU Intel Core i7 generasi ke-12 dengan 14 core/20 thread dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti. Perpaduan antara CPU dan GPU pada laptop ini sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan gaming dengan ray tracing. 

Dalam pengetesan game seperti Cyberpunk 2077 dengan ray tracing, laptop ini mampu menjalankan game dengan frame rate 40-60 fps pada konfigurasi medium ke high. Tentu performanya ini sudah kami nyalakan fitur DLSS 2 yang membantu mendongkrak performa. 

Sementara itu, pengujian dengan game yang belum mengaplikasikan teknologi ray tracing seperti Death Stranding atau Horizon Zero Dawn, laptop gaming ini mampu berjalan dengan lancar bahkan pada frame rate di atas 100 fps pada konfigurasi very high.

Performa Baterai yang Cukup Wajar

Sebagai laptop gaming yang termasuk kencang, tentu kita tidak perlu berekspektasi tinggi pada ketahanan baterai, terutama pada skenario gaming. Akan tetapi, ketahanan baterai yang dimiliki oleh laptop gaming besutan Acer ini cukup impresif. 

Pada penggunaan untuk gaming, baterai laptop ini mampu bertahan hingga 1 – 2 jam. Ketahanan yang cukup wajar mengingat apabila penggunaan kebutuhan gaming lebih baik menggunakan listrik. 

Sementara itu, pada penggunaan seperti menonton video di YouTube atau OTT pada resolusi FHD, laptop ini mampu bertahan hingga 8 jam. 

Kesimpulan

Acer Predator Helios 300 merupakan laptop gaming yang akan mendukung segala kebutuhan gaming dan produktivitasmu. Apalagi secara spesifikasi, laptop gaming ini dibekali dengan CPU dan GPU yang bertenaga. 

Ditambah lagi monitor dengan panel IPS yang mendukung refresh rate 165Hz. Alhasil, segala kebutuhan gaming, mulai dari single player hingga kompetitif bisa dilibas dengan laptop ini.

Desainnya pun cukup apik dengan LED warna biru dan keyboard RGB backlit yang bisa kamu kustomisasi. Untuk kamu yang tertarik untuk membeli laptop satu ini kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp28.599.000

Apabila kamu masih merasa masih mahal, kamu bisa memilih opsi spesifikasi lebih rendah. Tapi dengan harga segitu, kamu akan mendapatkan value to performance.

—————————————————————————————————————————

Itu dia ulasan tentang salah satu laptop gaming powerful bernama Acer Predator Helios 300. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!

Berita sebelumyaCo-Creator Sonic, Yuji Naka Dijatuhi Hukuman Penjara
Berita berikutnyaKaryawan Blizzard Dipecat Karena Sebuah Lelucon