Mengenal Apa Itu Frame Rate Pada Game dan Mengapa Penting

Lintang Ayomi |

Apa Itu Frame Rate

Gamers kini dekat sekali dengan apa itu frame rate, tak hanya gamers PC, namun juga console. Meski sebagian gamers masih tidak mempermasalahkan berapa frame rate yang dihasilkan ketika mereka sedang bermain game, keberadaan frame rate ini sangat penting dalam kenyamanan bermain game.

Tentu saja, frame rate sangat dipengaruhi oleh komponen yang ada pada mesin game atau PC. Oleh karenanya, semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah PC atau console, semakin tinggi juga frame rate yang dihasilkan.

Lantas, sebenarnya apa sebenarnya frame rate itu? Pada kesempatan kali ini, Tombol media akan membahas apa itu frame rate dan mengapa penting ketika bermain game. Tidak usah berlama-lama, mari simak artikel berikut!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Refresh Rate, Fungsi, dan Kegunaannya

Apa Itu Frame Rate

Istilah frame rate ini sangat dekat dengan videografi atau pengolahan gambar dan dikenal oleh banyak orang sebagai FPS (frame per second). Berbeda dengan dengan singkatan dari salah satu genre game, first person shooter, frame rate adalah banyaknya gambar atau frame yang dihasilkan dalam satu detiknya ketika dilihat oleh mata. 

Sebagai contoh ketika suatu game berjalan pada 30 fps, maka, gambar yang muncul dalam waktu sedetik ada 30 gambar atau frame yang diproduksi. Jadi, semakin banyak gambar yang diproduksi dalam waktu 1 detik, gerakan yang dihasilkan akan semakin halus.

Bagi para gamers yang cukup familiar dengan benchmark di suatu game pasti paham bahwa fps yang tinggi berarti gambar yang dilihat akan semakin smooth

Bagi para enthusiast, mereka akan mengejar fps setinggi mungkin agar gambar yang ia lihat akan semakin halus. 

Frame Rate Dalam Game dan Apa yang Membuat FPS Tinggi

Tentu saja fps tinggi akan meningkatkan kenyamanan dalam bermain game. Apalagi kamu pemain game kompetitif, fps tinggi adalah salah satu hal yang bisa boost kesempatanmu untuk menang. Namun, fps memiliki rating-nya sendiri. Sebagai gamers, kita pun harus memahami rating dari fps agar kita mengetahui frame rate berapa yang layak dan mana yang tidak.

1. Di bawah 15 fps

Yang pertama adalah frame rate di bawah 15 fps. Kecepatan perpindahan gambar secepat 15 fps ke bawah adalah yang terburuk. Pasalnya, ketika kamu memainkan game dengan kecepatan 15 fps, gambar akan terasa patah-patah dan sangat tidak nyaman untuk bermain. 

2. 20 – 30 fps

20 – 30 fps bisa dibilang cukup nyaman, meski untuk gamers yang lebih sering melihat kecepatan di sekitar 60 fps, 20 – 30 fps sangat tidak smooth. Kecepatan 20 – 30 fps biasanya ada pada console  game era PS1 dan PS2 (walaupun di era PS2 ada game dengan 60 fps). Namun, 30 fps adalah kecepatan yang paling nyaman apabila menginginkan performa gaming yang stabil.

3. 45 – 60 fps

Penyembah fps sangat suka kecepatan di 60 fps. Karena ketika game berjalan pada 60 fps, sesi gaming akan sangat nyaman. Selain itu pergerakan pada performa 45 – 60 fps akan terasa cepat dan seperti melihat aslinya. Kini, console juga sudah mulai menerapkan game dengan 60 fps. 

4. 90 – 120 fps

PC gaming dengan spesifikasi tinggi tentu mampu mencapai performa di kisaran 90 – 120 fps. Selain hardware, CPU dan GPU, yang tinggi untuk mencapai fps tinggi, diperlukan juga monitor dengan refresh rate yang tinggi juga, yakni 144Hz. 

Ada hal yang harus kita perhatikan apabila ingin mencapai fps tinggi, di antaranya:

  • GPU dan CPU kencang
  • Driver yang update
  • Menggunakan SSD (Solid State Drive)
  • Monitor dengan refresh rate tinggi

Akan tetapi, di atas itu semua ada hal yang bisa kita lakukan apabila ingin mencapai fps tinggi ketika memainkan sebuah game:

1. Mengatur setting di menu option

Kelebihan PC dibandingkan platform lain adalah bisa mengatur setting sesuai dengan kapasitas hardware (meski sekarang PS5 atau Xbox Series X sudah ada). Selain itu, untuk mengecek apakah hardware kita kuat dengan preset tertentu ada menu benchmark pada sebuah game. 

2. Menggunakan mode full screen

Ketika bermain game PC, ada mode full screen dan windowed. Agar PC-mu bekerja dengan maksimal ketika bermain game, disarankan untuk memilih menu full screen

3. Update driver VGA

Selain itu, agar performa komputermu menjadi optimal, kamu perlu melakukan update driver VGA-mu. Biasanya pada update terbaru driver menawarkan fitur-fitur seperti memperbaiki bug dan lain-lain. 

Nah, itu dia pembahasan tentang apa itu frame rate dan mengapa ini sangat penting bagi sesi gaming-mu. Bagi kamu yang ingin membaca artikel terkait review game (konsol, PC, atau mobile), berita game, dan hal-hal menarik seputar game lainnya, kalian bisa terus kunjungi situs, Instagram, Facebook, dan juga Twitter Tombol Media!