Meksi Sangat Laris, Voice Actor Genshin Impact Belum Dibayar

Lintang Ayomi |

Voice Actor Genshin Impact Menggugat

Pengembang dari Genshin Impact yang kini lagi digandrungi, miHoYo, sedang dituntut lantaran hasil kerja beberapa voice actor Genshin Impact yang beberapa bulan lalu telah terselesaikan belum dibayar. Pasalnya, Genshin Impact sendiri pernah memiliki jumlah pemain yang mencapai 8.8 juta pemain. Tentu saja hal tersebut memunculkan pertanyaan mengapa game yang penghasilannya begitu besar tidak membayar upah orang yang telah bekerja dengan mereka.

Informasi perihal tidak dibayarnya voice actor dari game Genshin Impact ini muncul dari akun Twitter dari pihak voice actor-nya sendiri, yakni Corina Boettger yang menyulih suara karakter Paimon, dan Brandon Winckler yang mengisi suara beberapa karakter di game tersebut. Kedua penyulih suara tersebut melontarkan kekesalan mereka terkait tidak dibayarnya hasil kerja mereka selama empat bulan lalu. 

Baca juga: 7 Hp Gaming 1 Jutaan 2023 Terbaik Lancar Main Genshin Impact

Dalam akunnya, Winckler menyatakan bahwa ia sudah mengirimkan 5 surel ke pihak miHoYo, namun belum mendapatkan respon. Winckler juga menambahkan bahwa sangat tidak dibenarkan ketika sebuah perusahaan yang mampu menghasilkan pendapatan sebesar $86 juta perbulan tidak membayar penyulih suara selama empat bulan lebih. Kedua penyulih suara, Boettger dan Winckler menyatakan bahwa mereka tidak bisa membayar sewa dan juga sulit untuk membeli makan. 

Namun, salah satu dubber Genshin Impact Sean Chiplock yang menjadi voice actor Diluc menanggapi pernyataan tersebut bahwa miHoYo bukanlah studio rekaman, jadi hal ini bukan kesalahan mereka. 

Hal tersebut juga ditambahkan oleh dari pihak perusahaan yang menggarap game Genshin Impact ini. Dari wawancara dengan Eurogamer, pihak miHoYo menyatakan bahwa permasalahan pembayaran ini adalah kesalahan dari pihak studio rekamannya. Pada surat pernyataan  yang dilontarkan oleh pihak miHoYo, perusahaan tersebut menyatakan bahwa pihak miHoYo akan selalu menghargai setiap kerja dan upaya segala pihak yang berkaitan dengan miHoYo, termasuk pihak penyulih suara.

Pihak miHoYo menyatakan bahwa mereka telah membayar studio rekaman yang menjadi pihak ketiga dengan tepat waktu, dan meminta untuk studio rekaman tersebut untuk membayar para penyulih suara game Genshin Impact ini.