Atari 2600 Akan Dirilis Kembali dan Dimodernisasi

Lintang Ayomi |

Atari 2600+

Atari 2600 merupakan konsol game yang hanya sempat dimainkan oleh gamers generasi x ke atas. Pasalnya, konsol ini dirilis di tahun 1977 di mana pada saat itu teknologi gaming console baru saja berkembang. Ditambah lagi kejayaan Nintendo Entertainment System atau Famicom yang merupakan konsol garapan produsen Jepang merajai pasar gaming console pada tahun 1983. Alhasil, kejayaan konsol Atari sempat terlupakan lantaran mata lebih tertuju pada NES. Ditambah lagi, di tahun yang sama, terjadi peristiwa resesi dalam skala besar dalam industri game. 

Baca juga: 7 Game Jadul Terbaik yang Harus Kamu Coba Mainkan Sekarang

Kejayaan Nintendo tidak membuat Atari menyerah memproduksi gaming console rumahan. Akhirnya mereka tetap merilis konsol-konsol mereka hingga tahun 1993. Sayangnya, nasib tidak berpihak pada Atari, sehingga pertarungan konsol pada saat itu lebih berfokus pada Nintendo dengan Sega. Akan tetapi, Atari tetap bertahan dengan menjadi pengembang dan publisher game.

Hanya karena terlupakan, bukan berarti harus dilewatkan. Setelah lebih dari 40 tahun, Atari 2600 akan kembali hadir. Atari dengan Plaion telah mengumumkan bahwa mereka akan mengembalikan konsol yang lahir pada tahun 1977 dan memodernisasikan agar konsol tersebut tetap relevan dengan zaman sekarang tanpa menyampingkan unsur aslinya. Konsol yang akan dirilis tersebut akan dinamai Atari 2600+.

Konsol yang akan membawa kenangan masa kecil gamers generasi x, Atari dan Plaion tetap membawa estetika orisinalnya, yakni dengan aksen kayu dan logam di beberapa sisi. Kendati tetap membawa estetika retro-nya, konsol ini hadir dengan teknologi konektivitas yang cocok dengan teknologi hari ini. Di konsol ini akan terdapat port HDMI dan juga USB. Sementara itu, untuk controller-nya, Atari 2600 akan hadir dengan joystick CX40+ dengn desain yang sangat ikonik. 

Gamers tak hanya bisa memainkan game 2600 saja, melainkan juga Atari 7800. Dengan ini, pustaka game yang ada di gaming console era 70-an ini jumlahnya akan banyak. Bagi yang tertarik, konsol yang dimodernisasi ini akan diluncurkan pada November 17. Untuk yang tertarik, kalian bisa memesannya dari situs resmi Atari dengan mengeluarkan uang sebesar $129.99 atau Rp1,991,785.